Header Ads

Image and video hosting by TinyPic

Menguak Jahatnya Minuman Energi Bagi Jantung


VIP PELANGI - Bagi mereka yang sedang memiliki aktivitas padat dan mobilitas tinggi, minuman energi yang banyak dijual di pasaran kerap dijadikan andalan. Tubuh pun terasa lebih terjaga dan pikiran lebih fokus setelah mengonsumsinya. Kebiasaan ini rupanya bisa berdampak buruk pada jantung.

Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan tim dari University of Texas, Houston, Amerika Serikat. Para ahli menegaskan bahwa mengonsumsi minuman berenergi hanya satu porsi tetap berisiko menyebabkan masalah jantung. Efeknya bahkan bisa muncul setelah 90 menit.

Dikutip dari New York Post, konsumsi jenis minuman berenergi bisa membuat pembuluh darah menyempit. Kondisi tersebut meningkatkan risiko penyumbatan yang berujung pada serangan jantung serta strok. AGEN BANDARQ

"Dengan semakin populernya minuman energi, penting untuk mempelajari dampak dari minuman semacam ini pada mereka yang sering mengonsumsinya ketimbang menentukan, jika ada, pola konsumsi yang aman," kata Dr. John Higgins, pemimpin studi dari University of Texas, Houston, Amerika Serikat.

Higgins dan rekan-rekannya percaya, kombinasi dari minuman semacam itulah yang berbahaya bagi pembuluh darah. Beberapa di antaranya seperti kafein, taurin, gula, serta bahan herbal lain yang bisa merusak lapisan arteri dan vena.

Standarnya, minuman berenergi mengandung 80 miligram kafein dalam setiap 100 mililiter. Angka ini setara dengan tiga kaleng minuman bersoda dan secangkir kopi instan. Namun, banyak yang mengandung kadar gula lebih tinggi.

BACA JUGA : Minum Susu Untuk Tetap Aktif Ketika Berpuasa


Para peneliti menggunakan pengukuran ultrasonografi dalam studi ini. Mereka meliat hanya dalam satu setengah jam setelah mengonsumsinya, pembuluh darah manusia mengalami penyempitan.

Pembuluh darah konsumen yang sebelumnya berdiameter 5,1 persen dalam diameter, berkurang hingga 2,8 persen setelahnya. Para peserta yang dipilih juga bukanlah perokok dan tidak memiliki masalah kesehatan kronis sebelumnya.

" Ini menunjukkan penurunan fungsi vaskular akut," kata para ilmuwan.

Studi lain mengaitkan bahwan konsumsi minuman berenergi bisa menyebakan masalah saraf dan perut. Penelitian di Kanada tahun lalu ini menemukan bahwa efek samping yang timbul, khususnya pada anak-anak, sangatlah buruk. Seperti masalah jantung dan kejang. POKER ONLINE

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.