Header Ads

Image and video hosting by TinyPic

Hal Yang Sekarang Kita Anggap Hebat Ternyata Sudah Dilakukan Oleh Orang Zaman Kuno

Zaman sekarang memang serba canggih,hal yang beberapa tahun lalu kita lakukan dengan susah payah sekarang menjadi cukup mudah berkat adanya teknologi.Teknologi juga berkembang pesat setiap tahunnya,tak terhitung berapa inovasi yang telah dihadirkan setiap tahunnya.Kita contohkan penemuan Artificial Intelligent (AI) yang membuat hidup jadi sangat mudah.


Beberapa ribu tahun sebelumnya,semua segi kehidupan mereka terlihat kuno,bahkan tradisi mereka ada yang sangat primitif dan ekstrim.Di bidang teknologi pun sama,teknologi dulu cukup kuno (dalam pandangan kita),bahkan aneh.Namun anggapan ini tak sepenuhnya benar.

Tahukah agan kalau hal yang kita anggap hebat dan canggih di zaman ini ternyata telah dinikmati duluan oleh orang zaman kuno,apakah itu?


1. Buku Komplain a.k.a Feedback


Ribuan tahun silam,buku keluhan (books of complaints) sudah eksis.Bahkan sejak 3000 tahun yang lalu,telah ada sebuah mekanisme layaknya "feedback" zaman now."books of complaints" seperti gambar di atas digunakan oleh para pembeli timah untuk meng-komplain kesalahan pengiriman jenis timah.

Ya walaupun tak semudah mekanisme "feedback" zaman sekarang yang hanya dilakukan melalui gadget dimana saja dan kapan saja dan tentunya cepat.

2. Konstruksi Skala Besar

Di zaman peradaban kuno,mereka mulai mempraktekkan konstruksi berskala besar biasanya untuk membangun candi dan berbagai bangunan sakral lainnya.Contohnya adalah "batu dari selatan" seperti gambar di atas,dan mengejutkan,beratnya sampai 1000 ton!,batu tersebut ditemukan di salah satu kota di Lebanon,Baalbek.
Hmm,bisa dibayangkan bagaimana orang zaman dulu dengan segala keterbatasan alat bisa memindahkan dan mengangkat batu yang beratnya setara dengan 3 buah pesawat Boeing 747.

3. Sistem Irigasi/Kanal Yang Bagus


Sistem kanal ini disebut "Qanat",fungsi utama qanat adalah untuk irigasi dan sumber air minum.Sistem perairan ini telah dibuat pada abad ke-1 SM di Iran kuno.Bahkan hingga sekarang sistem Qanat ini masih diterapkan dibeberapa tempat.Berikut adalah gambaran bagaimana qanat bekerja.


4. Perawatan Gigi

Karena wilayahnya yang bergurun,orang Mesir kuno sering terkena pasir dan akibatnya mulut mereka kotor.Sejak 5000 tahun SM,mereka telah memproduksi pasta gigi dengan campuran telur dan batu apung.Bahkan mereka menggunakan cairan untuk berkumur-kumur sebagai obat  sakit gigi yang terbuat dari bir.

5. Flamethrower a.k.a Pelontar Api



Jika sekarang ada alat macam Boring yang diciptakan oleh Elon Musk kita anggap hebat dan canggih,itu benar.Namun kecanggihan tersebut telah dinikmati duluan oleh bangsa Yunani kuno.Alat itu digunakan saat peperangan dan menariknya alat ini cukup mematikan bahkan bisa tetap menyala walau di atas air sekalipun.Wah hebat ya.Berikut adalah gambarnya.

Namun "ramuan flamethrower" tersebut sudah tak didapati lagi.


Demikian beberapa hal canggih dan hebat namun sudah dinikmati duluan sama bangsa kuno.
Mekanisme keluhan pelanggan yang merupakan inovasi baru di zaman modern,tapi faktanya mekanisme semacam itu sudah diterapkan sejak ribuan tahun yang lalu walaupun tak secanggih sekarang namun fungsinya tetap sama.


Begitu juga dengan konstruksi raksasa,kalau Burj Khalifa atau jembatan raksasa Suramadu adalah salah satu pencapaian hebat zaman sekarang,namun tahukah agan kalau dulu konstruksi skala besar sudah ada,contohnya adalah piramida.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.