Header Ads

Image and video hosting by TinyPic

Intip, 3 Langkah Memulai Hidup yang Lebih Bahagia



VIP PELANG , Jakarta Ada tiga hal yang dibutuhkan agar bisa memiliki hidup bahagia. Yakni Kualitas hubungan manusia dengan lingkungan, sesama manusia, dan diri sendiri.

Untuk mencapai keselarasan itu, dibutuhkan tiga cara. Dengan membuka pikiran (open mind), membuka hati (open heart), dan membuka niat (open will) seperti disampaikan Cokorda Istri Dewi, Executive Vice President dari organisasi nirlaba United in Diversity.

Menurutnya, menerapkan cara tersebut menjadi cikal bakal dari praktik menuju kebahagiaan dengan cara menjaga keselarasan tiga hubungan yang telah dipaparkan sebelumnya.

Kepada Health Vipqqdomino .com, Dewi mengatakan saat ini orang cenderung hanya meyakini apa yang dia dengar dan lihat. Sehingga, dia tidak bisa melihat sesuatu yang baru.

"Konsep open mind sebenarnya sangat sederhana. Tapi itu susah lho ketika orang bertemu dan tidak nyinyir, " kata perempuan yang akrab disapa Dewi ini ditemui di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Menurutnya, konsep ini sangat penting apalagi di era ketika media sosial merampok perhatian seseorang.

"Intinya penasaran. Seperti anak-anak. Kalau kita penasaran pasti akan terus bertanya."

Buka Pikiran Lalu Buka Hati



Ketika seseorang pikirannya sudah terbuka, cobalah untuk membuka hati. Yaitu dengan memahami perspektif yang disampaikan orang lain.

Ini berarti menyadari keterbatasan, berlatih empati, berbelas kasih dengan sesama serta disiplin untuk mengelola pikiran dalam diri yang cenderung sinis dan pesimis terhadap hal di sekitarnya.

"Open heart kuncinya adalah welas asih. Bagaimana Anda berwelas asih terhadap sesama kita. Termasuk terhadap lingkungan," kata Dewi menambahkan.

Setelah itu, dibutuhkan aksi nyata untuk membuat sebuah kebahagiaan bisa diwujudkan. Namun, rasa takut sering menghalangi.

"Ketakutan itu yang membuat kita tidak punya keberanian, " sambung Dewi. Maka dari itu, untuk bahagia seseorang harus melewati perasaan itu.

"Pencapaian orang beda-beda. Jadi jangan cemas ketika melihat orang lain sudah sampai pada tahap tertentu. Teruslah mencari apa yang bisa saya lakukan untuk melatih open mind, open heart, dan open will, " kata Dewi.

Dia menambahkan, keberhasilan tiga cara ini sangat bergantung pada kemampuan untuk hadir utuh, sadar penuh, menyelaraskan niatan dan perhatian kita pada tujuan hidup yang lebih besar dari hanya memikirkan kepentingan diri sendiri atau kelompok golongan tertentu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.